Tempat Paling Mustajab di Mekkah

Tempat - tempat Yang Paling Mustajab di Kota Suci Mekkah

Saat kita sedang berada di Kota Suci Mekkah, baik dalam melakukan ibadah umroh maupun haji, tentunya banyak yang ingin mengunjungi tempat - tempat mustajab yang ada di kota Suci mekah . Melalui tulisan ini kami kutip beberapa tempat – tempat yang mustajab untuk kita berdoa selama berada di Kota Mekkah yang kami rangkum dari sumber media online kabarmakkah.com dibawah ini.
1. Multazam 

Multazam adalah sebuah tempat atau jarak antara sudut diantara Hajar Aswad dan Pintu Ka'bah. Tempat ini diyakini oleh semua ulama sebagai tempat yang paling mustajab untuk berdoa di sekitar Ka'bah. Hal ini didasari dengan sebuah hadits riwayat sahabat Abdullah Bin Abbas, Bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: "Multazam adalah tempat dikabulkannya do'a. Tak ada satu pun do'a seorang hamba di Multazam kecuali akan dikabulkan" (HR. Ahmad)

Multazam
2. Hijir Ismail 

Hijir ismail sebuah tempat yang terletak di sebelah utara Ka'bah. Tempat ini juga tidak kalah ramainya dengan Multazam, Karena tempat ini adalah tempat favorit yang kedua setelah Multazam. Tak jarang di tempat ini selalu penuh sesak dengan jamaah yang ingin sholat dan berdoa disana.

Dulunya, Hijir Ismail memang masih termasuk bagian dari Ka'bah. Sholat di Hijir Ismail sama saja dengan anda sholat di dalam Ka'bah.
Hijir ismail

3. Di bawah Pancuran (Talang Emas) 

Di area Hijir Ismail ada sebuah tempat yang mana dulunya Istri Nabi Ibrahim dan anaknya. Nabi Ismail pernah tinggal disitu, Tempat ini ditandai dengan sebuah pancuran yang terbuat dari emas. Dibawah pancuran atau talang emas ini adalah salah satu tempat yang paling mustajab jika kita berdoa disana.

Pada waktu hujan turun para jamaah biasanya akan berebutan mengambil air yang jatuh dari talang emas tersebut. Jadi setelah anda sholat dan berdoa di Hijir Ismail jangan langsung keluar dari area tersebut, Seyogyanya sempatkan sebentar untuk berdoa di bawah talang emas seperti gambar diatas.
Talang Emas

4. Belakang Maqam Ibrahim 

Tempat yang paling mustajab selanjutnya adalah di belakang Maqam Ibrahim. Biasanya setelah melaksanakan thawaf tujuh kali para jamaah haji dan umrah akan melakukan shalat dan berdoa di belakang Maqam Ibrahim ini.

Dalam kitab Qadhaya fi al Hajj wa al Umrah, Dr. Abla Muhamad Al Kahlawi mengatakan bahwa "di antara fadhilah Maqam Ibrahim adalah dikabulkannya setiap do'a yang dipanjatkan di tempat tersebut".
Maqam Ibrahim


5. Pada Saat Mengerjakan Sai 

Sai merupakan salah satu rangkaian dari ibadah umrah dan haji. Sa'i ialah berjalan dari bukit Shafa menuju bukit Marwah dan sebaliknya, sebanyak tujuh kali yang berakhir di bukit Marwah. Walaupun tempat sai bukan termasuk bagian dari Masjidil Haram namun tempat ini juga termasuk tempat paling mustajab. Perlu anda ketahui, bahwa ibadah thawaf dulunya yang memulai dan mencontohkan adalah para Malaikat.


Ibadah Sa'i



6. Di Bukit Shafa 

Shafa adalah tempat dimulainya ibadah Sa'i, para jamaah biasanya akan berdoa disini sebelum prosesi ibadah Sai dimulai.

Bukit Shafa
Jangan lewatkan untuk berdoa di Shafa karena tempat ini adalah tempat paling mustajab di sekitar Masjidil Haram.

7. Di Bukit Marwah

Bukit Marwah adalah tempat dimana Sai berakhir dan biasanya para jamaah akan bertahallul atau memotong rambut di tempat ini setelah semua proses ibadah umrah selesai.
Bukit Marwah
Demikian beberapa tempat yang paling mustajab yang ada di area Masjidil Haram Mekkah.yang kami rangkum dari berbagai sumber. Namun yang perlu kita garis bawahi adalah, bahwasanya Semua Doa pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT, dimanapun tempatnya. Ulasan tersebut diatas hanya diambil contoh dari Rasulullah SAW, Para Sahabat, Dan Tabi'in yang pernah beribadah di area yang sudah saya sebutkan diatas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Paling Mustajab di Mekkah"

Posting Komentar