Oleh-oleh Khas Setelah Pulang Umroh

Oleh-oleh Yang Dapat dipilih sepulang Dari Tanah Suci

oleh-oleh umroh

 

Setelah melaksanakan ibadah haji dan umroh, salah satu kebiasaan dari masyarakat kita setalah sepulang dari  tanah suci yaitu membawa oleh-oleh untuk dibawa ketanah air dan dibagikan kesanak keluarga. Berbicara oleh-oleh dari tanah suci, ada berbagai macam oleh-oleh khas yang biasanya dipilih diantaranya :
1.    Air Zam-Zam

Oleh-oleh yang satu ini wajib dibawa sepulang dari umroh dan haji. Air ini merupakan air berkualitas dan terbaik dan tidak ada tandingannya didunia ini. Air Zam-zam dipercaya dapat menyembuhkan penyakit dan mendatangkan keberkahan bagi yang meminumnya.
Untuk mendapatkan oleh-oleh ini anda tidak perlu khawatir, karena pihak Travel umroh akan membagikan Air Zam-zam kepada setiap jamaah umroh dan haji pada saat pulang dari tanah suci. 

2.    Kurma

kurma
Kurma merupana Buah yang telah menjadi Simbol dari kerajaan Arab Saudi dan telah diakui khasiatnya. Buah ini selain mengandung gizi yang cukup, dan apabila memakan kurma pada saat berbuka puasa (ithar) dibulan ramadhan merupakan sunnah yang selalu dikerjakan oleh Rasulullah SAW.
Buah kurma yang masih keras dan berwarna hijau dinamakan Ballah, yang telah masak kering berwarna coklat tua dinamakan Tamr, adapun yang masih setangah matang kuning kecoklatan ( biasa dihidangkan dalam keadaan dingin dan segar) dinamakan ruthab.
Dan kurma Ajwah dari Madinah atau yang biasa disebut Kurma Nabi  adalah yang dikelaskan nomor satu. Tentunya dikarenakan kurma inilah yang biasa dikonsumsi Nabi Muhammad SAW.  Maka tak heran jika harga kurma ini perkilonya mencapai 80 riyal.

3.     Habatus Sauda

habatussauda
Nama Habatus Sauda di Indonesia biasa disebut dengan jintan hitam. Obat yang khasiatnya dijamin dalam hadist yang shahih ini sangat mudah untuk kita jumpai dipertokoan sepanjang jalan kota, harganya pun cukup murah.
Harga satu kilogram biji Habatus Sauda di mini market dijual dengan harga kurang dari 15 riyal, dan yang telah diproses menjadi minyak siap konumsi dijual sekitar 20 riyal dalam kemaan kecil.

4.    Minyak Zaitun

minyak zaitun
Minyak Zaitun dikenal dengan sebutan olive oil. Ini adalah minyak yang dapat dijadikan obat dalam dan luar. Banyak orang yang menjadikan minyak ini sekedar untuk melindungi kulit dari pecah-pecah yang disebabkan cuaca ekstrim. Adapula yang menjadikan ramuan tambahan dalam memasak.
Minyak Zaitun ini data anda jumapai dipertooan ataupun minimarket di Arab Saudi.

5.    Pakaian
Selain oleh-oleh makanan atau buah-buahan, pakaian khas dapat menjadi oleh-oleh yang cuku menarik dan berkesan. Berikut ini beberapa pakaian khas Arab Saudi :

•    Tub ( pakaian gamis untuk pria)
Terdapat beberapa macam pakaian gamis / jubah pria dipajang berjejeran di pertokoan, mulai dari gaya Arab Saudi yang terkean rapi dengan balutan kain keras pada leher, model Maroko yang blengka dengan penutup kepala, atau Uni Emirat yang memiliki lidah berbentuk seperti dasi di leher.
Harga pakaian ini pun bermacam-macam mulai dari 40 riyal hingga ratusan riyal sesuai dengan kualita yang ditawarkan.



•    Abayah ( pakaian gamis untuk wanita).
Abayah meruakan Jubah berwarna hitam. Orang Arab menjadikan Jubah ini sebagai pakaian umum di masyarakat yang dipakainya sehari-hari. Selain karena budaya, Abayah ini selaras dengan tuntunan Rasulullah SAW yang memerintahkan agar wanita tidak bersolek dihadaan umum. Berawal dari perintah tersebutlah maka mereka mengartikan bahwa hitam polos adalah yang paling mendekati kesederhanaan.
Untuk harga sepotong abaya ini dipatok seerti harga Tub (jubah ria) seharga mulai dari 40 riyal.
•    Syimagh ( Sorban Laki-laki)
syimag
Orang Indonesia mengenalnya dengan sebutan sorban atau kafeyah. Tak ada perbedaan dari sebutan nama tersebut kecuali hanya cara memakainya saja.
Mayarakat kita masih menganggap bahwa sorna yang diberikan sebagai oleh-oleh dari jamaah haji atau umrah merupakan barang yang berharga. Tak sembarang orang dapat memakainya.
Padahal jika kita kita tahu syimagh ini dijual mulai harga 15 riyal saja.

Selain yang ditulis diatas mungkin masih banyak lagi oleh-oleh khas yang biasa dibawa para jamaah sepulang dari umroh, namun hanya itu yang kami tuliskan. Demikian tulisian ingkat ini, semoga dapat menjadi referensi.
Sumber : Dikutip dari Karangan Rafiq Jauhari

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Oleh-oleh Khas Setelah Pulang Umroh"

  1. aya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok MBAH PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBAL

    BalasHapus